PROGRAM TAHUNAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SMP NEGERI 31 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2014-2015
KELAS VII
NO
|
KEGIATA,/LAYANAN
|
Pribadi
|
Sosial
|
Belajar
|
Karir
|
1.
|
Layanan
Orientasi
|
Obyek-obyek pengembangan pribadi
-
|
Obyek-obyek pengembangan hubungan sosial
1.
Orientasi sekolah baru & peraturan sekolah
|
Obyek-obyek pengembangan kemampuan belajar,jenis
dan ketentuan peminatan belajar,efektifitas kegiatan belajar.
1.
Orientasi
awal BK di SMP/MTs
|
Obyek-obyek dan
informasi karir
-
|
2.
|
Layanan
Informasi
|
Informasi tentang perkembangan, potensi, kemampuan dan
kondisi diri
1.
Kesamaan hak dan
kewajiban dalam kaitan gender & karakteristik gender
2.
Sikap
jujur anti nyontek & nyontek: haram, bodoh dan terhina
|
Informasi tentang potensi, kemampuan dan kondisi hubungan
sosial
1.
Kehidupan yang dimuliakan
2.
Nilai-nilai sosial budaya dalam kehidupan
|
Informasi tentang potensi, kemampuan, kegiatan dan
hasil belajar,arah peminatan akademik, arah
peminatan dan pendalaman lintas mata pelajaran dan peminatan studi lanjut
1.
Belajar Mandiri
2.
Persyataran
naik kelas &, syarat-syarat mengikuti UN
|
Info. ttg potensi, kemampuan, arah peminatan
dan kondisi karir
1.
Apa
itu minat dan peminatan
2.
3.
|
3.
|
Layanan
Penempatan/Penyaluran
|
Penempatan dan penyaluran untuk pengembangan kemampuan
pribadi
1. Pengalaman ku dengan BK
2.
|
Penempatan dan penyaluran untuk pengembangan kemampuan
sosial
1.
Rumahku
dan kehidupan sehari-hari
2.
Sekolah
ku dulu dan sekarang
|
Mengacu
kepada hasil layanan informasi dan orientasi tentang belajar dan peminatan
kelanjutan studi
1.
antara
prestasi belajar dalam mata pelajaran dan dalam kegiatan ekstrakurikuler
2.
apa
yang ingin ku bisa?
|
Mengacu
kepada hasil layanan informasi dan orientasi
1.
2.
|
4.
|
Layanan Penguasaan
Konten
|
Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan pribadi
1.
Potensi diri
2.
Kehidupan
yang dimuliakan dan kehidupan sebagai rahmat Tuhan
|
Kompetensi dan kebiasaan dalam kehidupan sosial
1.
Manusia
adalah makhluk social dan makhluk berbudaya
2 Ketentuan nilai dan moral
dalam hubungan muda mudi & Penyimpangan hubungan muda-mudi.
|
Melengkapi
dan memperkuat layanan penempatan dan penyaluran, kegiatan belajar dan
kelanjutan studi
4.
1. Apa itu belajar
& apa itu prestasi belajar
5.
2.
Hasil belajar sesuatu yang baru dalam sikap
|
Melengkapi
dan memperkuat layanan penempatan dan penyaluran
1 Nilaiku dan
cita-cita ku.
2. apa itu bekerja?
|
5.
|
Layanan
Konseling Perorangan
|
Permasalahan
tentang perkembangan potensi, kemampuan dan kondisi diri
1. Insidental
2 . ketenangan dan
kenyamanan hidup sekelilingku
|
Permasalahan
tentang pengembangan potensi, kemampuan dan kondisi hubungan sosial
1.
Insidental
2. Suasana kehidupan keluarga
|
Permasalahan
tentang potensi, kemampuan, kegiatan dan hasil belajar, arah peminatan
akademik, arah peminatan dan pendalaman lintas mata pelajaran dan peminatan
studi lanjutan
1 . tantangan naik
kelas dan resiko tidak naik kelas
2. Insidental
|
Permasalahan
tentang potensi, kema,puan,arah peminatan dan kondisi karir
1.
Insidental
2 . Insidental
|
Layanan
Bimbingan Kelompok
|
Topik tentang
perkembangan potensi, kemampuan dan kondisi diri
1.
Prestasi belajarku di SD/MI dan bagaimana meningkatkannya sekarang?
2.
|
Topik tentang
perkembangan potensi, kemampuan dan kondisi hubungan sosial
1. .........................................
2. ........................................
|
Topik tentang potensi,
kemampuan, kegiatan dan hasil belajar, arah peminatan akademik, arah
peminatan dan pendalaman lintas mata pelajaran dan peminatan studi lanjutan
1.
............................................
2.
Bagaimana
belajar ku: bagaimana di SD/MI dan sekarang?
|
Topik tentang potensi,
kema,puan,arah peminatan dan kondisi karir
1
. …………………………………..
2. ………………………………..
|
|
7.
|
Layanan Konseling
Kelompok
|
Permasalahan
tentang perkembangan potensi, kemampuan dan kondisi diri
1
&2 Masalah yang
terpilih dalam
Kegiatan
|
Permasalahan
tentang pengembangan potensi, kemampuan dan kondisi hubungan sosial
1
&2 Masalah yang
terpilih dalam
Kegiatan
|
Permasalahan
tentang potensi, kemampuan, kegiatan dan hasil belajar, arah peminatan
akademik, arah peminatan dan pendalaman lintas mata pelajaran dan peminatan
studi lanjutan
1
&2 Masalah yang
terpilih dalam
kegiatan
|
Permasalahan
tentang potensi, kema,puan,arah peminatan dan kondisi karir
1
&2 Masalah yang
terpilih dalam
kegiatan
|
8.
|
Layanan
Konsultasi
|
Pemberdayaan pihak tertentu untuk dapat membantu
peserta didik dalam pengembangan,potensi,
kemampuan dan kondisi diri
1.
Insidental
2.
Insidental
|
Pemberdayaan pihak tertentu untuk dapat membantu
peserta didik dalam pengembangan, potensi,
kemampuan dan hubungan sosial
1.
Insidental
2.
Insidental
|
Pemberdayaan pihak tertentu untuk dapat membantu
peserta didik dalam pengembangan
potensi, kemampuan, kegiatan dan hasil
belajar, arah peminatan akademik, arah peminatan dan pendalaman lintas mata
pelajaran dan peminatan studi lanjutan
1.
Insidental
2.
Insidental
|
Pemberdayaan pihak tertentu untuk dapat membantu
peserta didik dalam pengembangan potensi,
kemampuan dan kondisi karir
1.
Insidental
2.
Insidental
|
9.
|
Layanan
Mediasi
|
Upaya
mendamaikan pihak-pihak tertentu yang berselisih berkenaan dengan
didik
1.
Insidental
2.
Insidental
|
Upaya mendamaikan pihak-pihak tertentu yang berselisih berkenaan
dengan peserta didik
1. Insidental
2. Insidental
|
Upaya mendamaikan pihak-pihak tertentu yang berselisih berkenaan
dengan peserta didik dalam
pengembangan potensi, kemampuan, kegiatan dan hasil belajar, arah
peminatan akademik, arah peminatan dan pendalaman lintas mata pelajaran dan
peminatan studi lanjutan
1.
Insidental
2.
Insidental
|
Upaya mendamaikan pihak-pihak tertentu yang berselisih berkenaan
dengan peserta didik
1.
Insidental
2.
Insidental
|
10
|
Layanan Advokasi
|
Pembelaan
terhadap hak-hak pribadi yang tidak
diperhatikan dan atau mendapat perlakuan yang salah
1 & 2. Sesuai
kebutuhan
|
Pembelaan
terhadap hak-hak pribadi yang tidak
diperhatikan dan atau mendapat perlakuan yang salah termasuk masalah hubungan
social
1 & 2. Sesuai
kebutuhan
|
Pembelaan
terhadap hak-hak pribadi yang tidak
diperhatikan dan atau mendapat perlakuan yang salah untuk berbagai masalah
termasuk masalah belajar dan peminatan melanjutkan studi
1 & 2. Sesuai
kebutuhan
|
Pembelaan
terhadap hak-hak pribadi yang tidak
diperhatikan dan atau mendapat perlakuan yang salah termasuk masalah kondisi
karir
1 & 2. Sesuai
kebutuhan
|
11
|
Aplikasi
Instrumentasi
|
Intrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi
tentang pengembangan,potensi,kemampuan dan diri peserta didik
1.
Angket
Kebutuhan Materi BK
Pengungkapkan
gambaran diri
|
Intrument tes dan non tes untuk mengungkapkan kondisi
tentang, potensi,kemampuan dan hubungan sosial peserta didik
1.
Angket
Kebutuhan Materi BK
Angket sosiometri
|
Intrument tes dan non tes untuk mengungkapkan
potensi, kemampuan, kegiatan dan hasil
belajar, arah peminatan akademik, arah peminatan dan pendalaman lintas mata
pelajaran dan peminatan studi lanjutan
1.
Angket
Kebutuhan Materi BK
2.
|
Intrument tes dan non tes untuk mengungkapkan potensi,
kemampuan, arah peminatan dan kondisi karir peserta didik
1.
Angket
Kebutuhan Materi BK
2.
|
2.
Pengunkapan kecerdasan
umum (IQ),bakat,
minat dan kecenderungan kepribadian
|
3.
DCM
|
3.
Pengunkapan kecerdasan umum,bakat,
minat dan kecenderungan kepribadian
|
|||
12.
|
Himpunan
Data
|
Data perkembangan, kondisi dan lingkungan diri pribadi
1 sd 2
Identitas diri, keluarga, kesehatan, cita-cita, harapan prang tua
|
Data perkembangan, kondisi hubungan dan lingkungan
sosial
1. Sosiogram ( hubungan sosial )
|
Data kemampuan, kegiatan dan hasil belajar
1 sd 2. Prestasi
akdemik/non akademik
|
Data kemampuan, arah dan persiapan karir
1 sd 2.
Data bakat, minat,
|
13.
|
Konferensi
Kasus
|
Pembahasan kasus-kasus masalah pribadi tertentu yang
dialami peseta didik
1 & 2
Insidental
|
Pembahasan kasus-kasus masalah sosial tertentu yang
dialami peseta didik
1 & 2 Insidental
|
Pembahasan kasus-kasus masalah belajar tertentu yang
dialami peseta didik
1 & 2 Insidental
|
Pembahasan kasus-kasus masalah karir tertentu yang
dialami peseta didik
1 & 2 Insidental
|
14.
|
Kunjungan
Rumah
|
Pertemuan dengan orang tua/keluarga, peserta didik tentang pengembangan, potensi, kemampuan dan kondisi diri peserta
didik
1 & 2
Sesuai kebutuhan
|
Pertemuan dengan orang tua/ keluarga, peserta didik tentang
pengembangan, potensi, kemampuan dan kondisi hubungan sosial peserta didik
1 & 2
Sesuai kebutuhan
|
Pertemuan dengan orang tua/ keluarga, peserta didik yang
terkait dengan permasalahan potensi,
kemampuan, kegiatan dan hasil belajar, arah peminatan akademik, arah
peminatan dan pendalaman lintas mata pelajaran dan peminatan studi lanjutan
1 & 2
Sesuai kebutuhan
|
Pertemuan dengan orang tua/ keluarga, peserta didik yang terkait
dengan permasalahan potensi, kemampuan, arah peminatan dan kondisi karir
mengalami masalah karir
1 & 2
Sesuai kebutuhan
|
15.
|
Tampilan
Kepustakaan
|
Bacaan dan rekaman tentang pengembangan,
potensi, kemampuan dan kondisi diri peserta didik
1 & 2 Sesuai kebutuhan
|
Bacaan dan rekaman tentang pengembangan,
potensi, kemampuan dan kemampuan
sosial peserta didik
1&2 Sesuai kebutuhan
|
Bacaan dan rekaman tentang
potensi, kemampuan, kegiatan dan hasil
belajar, arah peminatan akademik, arah peminatan dan pendalaman lintas mata
pelajaran dan peminatan studi lanjutan
1 &
2 Sesuai kebutuhan
|
Bacaan dan rekaman tentang arah dan kehidupan karir
1 & 2 Program studi dan
prospek karir
|
16.
|
Alih Tangan
Kasus
|
Pendalaman penanganan permasalahan tentang pengembangan,
potensi, kemampuan dan kondisi diri peserta didik
1& 2 . Sesuai Kebutuhan
|
Pendalaman penanganan tentang pengembangan,
potensi, kemampuan dan hubungan sosial peserta didik
1 &
2 Sesuai Kebutuhan
|
Pendalaman penanganan permasalahan potensi, kemampuan, kegiatan dan hasil belajar, arah
peminatan akademik, arah peminatan dan pendalaman lintas mata pelajaran dan
peminatan studi lanjutan
1 & 2
. Sesuai Kebutuhan
|
Pendalaman penanganan tentang
arah dan kehidupan karir
1 & 2.
Sesuai Kebutuhan
|
Nomor 1 :
Dilaksanakan pada semester 1
Nomor 2 :
Dilaksanakan pada semester 2
Bandar
Lampung, Juli 2014
Mengetahui
:
Kepala Sekolah SM N 31 Guru BK
Drs. Mahmud Muin Indah Kusuma Ningrum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar