Kamis, 22 Januari 2015

rpbk kalsikal


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN / LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

FORMAT KLASIKAL
TERJADWAL

I.          IDENTITAS
A.      Satuan Pendidikan                            : SMP Negeri 3 Bandar Lampung
B.       Tahun Ajaran                                    : 2014 – 2015, Semester I
C.      Sasaran Pelayanan                            : Semua Siswa  Kelas VII
D.      Pelaksana                                           : Indah Kusuma Ningrum
E.       Pihak Terkait                                     : Siswa dan orang tua

II.          WAKTU DAN TEMPAT
A.      Tanggal                                              :
B.       Jam Pembelajaran/Pelayanan          : Sesuai Jadwal
C.  Volume Waktu (JP)                            : Masing-masing kelas 1 (Satu) JP (1 x 40 Menit)
D.      Spesifikasi Tempat Belajar               : Ruang kelas masing-masing

III.          MATERI PEMBELAJARAN
A.      Tema/Subtema                       : 1. Tema         : Potensi diri
2. Subtema     : Sekolahku: Apa yang ingin saya bisa
B.       Sumber Materi                     : 1. Tuntutan pemenuhan tugas perkembangan remaja awal
                                                         2. Pengalaman peserta didik
                                                         3. Kondisi lingkungan siswa dan keluaraga

IV.          TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.      Pengembangan KES  :
Agar siswa memahami dan termotivasi untuk menyatakan keinginan dirinya, apa yang terbaik untuk dirinya dan  berusaha mengembangkan dirinya, agar terlaksana apa yang diinginkannya dalam kehidupan sehari-hari.


B.       Penanganan KES-T :

Untuk mengurangi, menghindarkan/menghilangkan,  mencegah ketidak tahuan, kebingungan, dan ketidak pedulian dalam melakukan apa yang baik bagi diri peserta didik.

V.          METODE DAN TEKNIK
A.      Jenis Layanan            :  Layanan Informasi (format Klasikal)
B.       Kegiatan Pendukung            :  -

VI.          SARANA
A.    Media             : Tidak mengharuskan penggunaan media ataupun instrument khusus
B.     Perlengkapan            : Laptop dan LCD Proyektor

VII.          SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN / PELAYANAN
Diperolehnya hal-hal baru oleh siswa terkait KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan unsur-unsur AKURS (Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).

A.        KES                   
1.    Acuan ( A )      : Apa yang dipikirkan peserta didik tentang yang dia ingin bias lakukan.
2.    Kompetensi ( K ) : Apa yang perlu peserta didik kuasai untuk melakukan apa yang ia ingin bias lakukan.
3.    Usaha ( U )     :  Bagaimana usaha peserta didik dalam melakukan apa yang ia ingin bias lakukan.
4.    Rasa ( R )        : Bagaimana perasaan peserta didik tentang apa yang ia ingin lakukan.
5.    Sungguh-sungguh ( S ) : Bagaimana peserta didik bersungguh-sungguh dalam melatih diri tentang apa yang ia ingin bias lakukan.

B.        KES-T                :
Apa yang harus dihindari agar apa yang ia ingin lakukan dapat terlaksana,bagaimanamenggantikan hal-hal yang kurang baik yang selama ini ia lakukan.

C.       Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah  :
Memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk dapat menguasai apa yang ia ingin bias lakukan secara sukses.




VIII.          LANGKAH KEGIATAN
A.       LANGKAH PENGANTARAN
1.         Mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa.
2.         Mengecek kehadiran siswa, dan mengajak mereka berempati kepada siswa yang tidak hadir.

3.         Mengajak dan membimbing siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/ pelayanan dengan penuh perhatian, semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran/ pelayanan yang akan dibahas.

4.         Menyampaikan arah materi pokok pembelajaran, yaitu dengan judul “ Apa yang Saya Ingin Bisa” khususnya yang berkenaan dengan kegiatan belajar, membantu orang tua, dan kegiatan lain sehari-hari dengan disertai contoh-contoh. Keuntungan dan kerugian yang dapat timbul dengan dilaksanakan atau ditinggalkannya hal-hal yang perlu dilakukan itu.

5.         Peserta didik diajak mengembangkan dan mengendalikan diri untuk hal-hal baik dan meninggalkan hal-hal yang tidak baik.

B.       LANGKAH PENJAJAKAN
Peserta didik diminta aktif menanggapi apa yang dijelaskanitu dan mengemukakan apa yang selama ini sehari-hari dilakukan dan yang terjadi dengan hal-hal yang dilakukan itu. Apa yang dikemukankan itu disimpulkan (dalam hal ini peserta didik dapat diminta menuliskan apa yang perlu dikemukakan.
                           
C.       LANGKAH PENAFSIRAN
1.    Apa yang dikembangkan pada tahap penjajakan di atas dianalisis, apa untung-ruginya untuk peserta didik, sekarang dan selanjutnya untuk masa dating.

D.      LANGKAH PEMBINAAN
Materi penjajakan dan penafsiran yang mendapat penekanan/penegasan selanjutnya didalami dalam langkah pembinaan melalui pengisian dan pembahasan materi format terlampir.
1.    Peserta didik diminta untuk menetapkan (secara tertulis) apa yang ingin mereka (masing-masing) bias lakukan.
2.    Membahas tentang:
a.    Penegasan tentang apa yang diinginkan untuk menjadi bias.
b.    Bagaimana kondisi selama ini tentang apa yang diinginkan itu, berdasarkan pengalaman nyata sehari-hari.
c.    Apa yang perlu diubah dan dikembangkan melalui latihan untuk terwujudnya kegiatan nyata.
d.   Apa kendala dan hambatan yang ada
e.    Kapan dan bagaimana serta apa yang diinginkan itu dapat diwujudkan.
3.    Materi bahasan tersebut dicarikan AKURS-nya
4.    Peserta didik ditugaskan membicarakn materi “Apa yang saya ingin bias” beserta AKURS-nya itu dengan orang yang terdekat di luar sekolah (terutama orang tua).
                                                                    
E.       LANGKAH PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.         Penilaian Hasil
Di akhir proses pembelajaran / pelayanan siswa diminta merefleksikan (secara lisan dan atau tertulis) apa yang mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:

a.       Berfikir: Bagaimana peserta didik berfikir tentang apa yang ia ingin bias lakukan   (Unsur A)

b.      Merasa: Bagaimana perasaan peserta didik tentang apa yang ia ingin bias lakukan dan hal-hal yang ia lakukan tetapi ia tidak sukai (Unsur R).

c.       Bersikap/Bertindak:  Apa yang hendak peserta didik perbuat berkenaan dengan  apa ia ingin bias lakukan.(Unsur K danU).

d.      Bertanggung Jawab: Bagaimana siswa bersungguh-sungguh dalam berusaha menguasai apayang ia ingin bias lakukan (Unsur S).

2.         Penilaian Proses
Melalui pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran/pelayanan untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/pelayanan yang telah diselenggarakan.

3.         LAPELPROG dan Tindak Lanjut
Setelah kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai, disusunlah Laporan   Pelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.

Guru BK / Konselor
      
Indah Kusuma Ningrum
                                             


Tidak ada komentar:

Posting Komentar