RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN / LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
FORMAT
KLASIKAL
TERJADWAL
I.
IDENTITAS
A.
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 3 Bandar Lampung
B.
Tahun
Ajaran :
2014 – 2015, Semester I
C.
Sasaran Pelayanan : Semua Siswa Kelas
VII
D.
Pelaksana :
Indah Kusuma Ningrum
E.
Pihak
Terkait : Siswa dan
orang tua
II.
WAKTU
DAN TEMPAT
A. Tanggal :
B.
Jam
Pembelajaran/Pelayanan : Sesuai Jadwal
C.
Volume
Waktu (JP)
: Masing-masing kelas 1 (Satu)
JP (1 x 40 Menit)
D.
Spesifikasi
Tempat Belajar :
Ruang kelas masing-masing
III.
MATERI
PEMBELAJARAN
A.
Tema/Subtema : 1. Tema :
Potensi diri
2.
Subtema :
Sekolahku: Apa yang ingin saya bisa
B.
Sumber
Materi
: 1. Tuntutan pemenuhan tugas perkembangan remaja awal
2.
Pengalaman peserta didik
3.
Kondisi lingkungan siswa dan keluaraga
IV.
TUJUAN/ARAH
PENGEMBANGAN
A.
Pengembangan
KES :
Agar siswa
memahami dan termotivasi untuk menyatakan
keinginan dirinya, apa yang terbaik untuk dirinya dan berusaha mengembangkan dirinya, agar
terlaksana apa yang diinginkannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Penanganan KES-T :
Untuk mengurangi, menghindarkan/menghilangkan, mencegah
ketidak tahuan, kebingungan, dan ketidak pedulian dalam melakukan apa yang baik
bagi diri peserta didik.
V.
METODE
DAN TEKNIK
A.
Jenis
Layanan : Layanan Informasi
(format Klasikal)
B.
Kegiatan
Pendukung :
-
VI.
SARANA
A.
Media : Tidak
mengharuskan penggunaan media ataupun instrument khusus
B.
Perlengkapan : Laptop dan LCD Proyektor
VII.
SASARAN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN / PELAYANAN
Diperolehnya
hal-hal baru oleh siswa terkait KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan
unsur-unsur AKURS (Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).
A.
KES
1. Acuan
( A ) :
Apa yang dipikirkan peserta didik tentang yang dia ingin bias lakukan.
2. Kompetensi
( K ) : Apa yang perlu peserta
didik kuasai untuk melakukan apa yang ia ingin bias lakukan.
3. Usaha
( U ) : Bagaimana usaha peserta didik dalam melakukan
apa yang ia ingin bias lakukan.
4. Rasa
( R ) : Bagaimana perasaan peserta didik tentang apa yang ia ingin lakukan.
5. Sungguh-sungguh ( S ) : Bagaimana peserta
didik bersungguh-sungguh dalam melatih diri tentang apa yang ia ingin bias
lakukan.
B.
KES-T :
Apa
yang harus dihindari agar apa yang ia ingin lakukan dapat
terlaksana,bagaimanamenggantikan hal-hal yang kurang baik yang selama ini ia
lakukan.
C.
Ridho
Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah :
Memohon
ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk dapat menguasai apa yang
ia ingin bias lakukan secara sukses.
VIII.
LANGKAH
KEGIATAN
A. LANGKAH
PENGANTARAN
1.
Mengucapkan salam dan
mengajak siswa berdoa.
2.
Mengecek kehadiran siswa, dan mengajak
mereka berempati kepada siswa yang tidak hadir.
3.
Mengajak dan
membimbing
siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/ pelayanan dengan penuh perhatian,
semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap,
bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran/
pelayanan yang akan dibahas.
4.
Menyampaikan arah materi pokok
pembelajaran, yaitu dengan judul “ Apa
yang Saya Ingin Bisa” khususnya yang berkenaan dengan kegiatan belajar,
membantu orang tua, dan kegiatan lain sehari-hari dengan disertai
contoh-contoh. Keuntungan dan kerugian yang dapat timbul dengan dilaksanakan
atau ditinggalkannya hal-hal yang perlu dilakukan itu.
5.
Peserta didik diajak mengembangkan dan mengendalikan
diri untuk hal-hal baik dan meninggalkan hal-hal yang tidak baik.
B. LANGKAH
PENJAJAKAN
Peserta didik diminta aktif menanggapi
apa yang dijelaskanitu dan mengemukakan apa yang selama ini sehari-hari
dilakukan dan yang terjadi dengan hal-hal yang dilakukan itu. Apa yang
dikemukankan itu disimpulkan (dalam hal ini peserta didik dapat diminta
menuliskan apa yang perlu dikemukakan.
C. LANGKAH
PENAFSIRAN
1. Apa
yang dikembangkan pada tahap penjajakan di atas dianalisis, apa untung-ruginya
untuk peserta didik, sekarang dan selanjutnya untuk masa dating.
D. LANGKAH
PEMBINAAN
Materi penjajakan dan penafsiran yang
mendapat penekanan/penegasan selanjutnya didalami dalam langkah pembinaan
melalui pengisian dan pembahasan materi format terlampir.
1. Peserta
didik diminta untuk menetapkan (secara tertulis) apa yang ingin mereka
(masing-masing) bias lakukan.
2. Membahas
tentang:
a. Penegasan
tentang apa yang diinginkan untuk menjadi bias.
b. Bagaimana
kondisi selama ini tentang apa yang diinginkan itu, berdasarkan pengalaman nyata
sehari-hari.
c. Apa
yang perlu diubah dan dikembangkan melalui latihan untuk terwujudnya kegiatan
nyata.
d. Apa
kendala dan hambatan yang ada
e. Kapan
dan bagaimana serta apa yang diinginkan itu dapat diwujudkan.
3. Materi
bahasan tersebut dicarikan AKURS-nya
4. Peserta
didik ditugaskan membicarakn materi “Apa yang saya ingin bias” beserta
AKURS-nya itu dengan orang yang terdekat di luar sekolah (terutama orang tua).
E. LANGKAH
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.
Penilaian
Hasil
Di
akhir proses pembelajaran / pelayanan siswa diminta merefleksikan (secara lisan
dan atau tertulis) apa yang mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur
AKURS:
a.
Berfikir:
Bagaimana
peserta didik berfikir tentang apa yang ia ingin bias lakukan (Unsur
A)
b.
Merasa:
Bagaimana
perasaan peserta didik tentang apa yang ia ingin bias lakukan dan hal-hal yang
ia lakukan tetapi ia tidak sukai (Unsur R).
c. Bersikap/Bertindak: Apa yang hendak peserta didik
perbuat berkenaan dengan apa ia ingin
bias lakukan.(Unsur K danU).
d.
Bertanggung
Jawab:
Bagaimana siswa bersungguh-sungguh dalam berusaha menguasai apayang ia ingin
bias lakukan (Unsur S).
2.
Penilaian
Proses
Melalui
pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran/pelayanan untuk memperoleh
gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/pelayanan yang telah diselenggarakan.
3.
LAPELPROG
dan Tindak Lanjut
Setelah
kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai,
disusunlah Laporan Pelaksanaan Program
Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan
disertai arah tindak lanjutnya.
Guru BK / Konselor
Indah Kusuma Ningrum
Tidak ada komentar:
Posting Komentar