Kamis, 22 Januari 2015

rpbk aplikasi instrumentasi

P L
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN / LAYANAN
BIMBINGAN DAN KONSELING

FORMAT KLASIKAL TERJADWAL
KEGIATAN PENDUKUNG
(APLIKASI INSTRUMENTASI)


I.          IDENTITAS
A.      Satuan Pendidikan                            : SMP Negeri 31 Bandar Lampung
B.       Tahun Ajaran                                    : 2014 – 2015, Semester I
C.      Sasaran Pelayanan                            : Semua Siswa  Kelas VII
D.      Pelaksana                                           : IndahKusuma Ningum
E.       Pihak Terkait                                     : Siswa

II.          WAKTU DAN TEMPAT
A.      Tanggal                                              :   -
B.       Jam Pembelajaran/Pelayanan          : Sesuai Jadwal
C.  Volume Waktu (JP)                            : Masing-masing kelas 1 (satu) JP (1 x 40 Menit)
D.      Spesifikasi Tempat Belajar               : Ruang kelas masing-masing

III.          MATERI PEMBELAJARAN
A.      Tema/Subtema                       : 1. Tema         : Aplikasi Instrumentasi
2. Subtema     : Aplikasi Instrumentasi Angket Kebutuhan Peserta didik akan materi BK kelas 7.
B.       Sumber Materi                     : 1. Angket kebutuhan siswa yang dibuat berdasarkan tema-tema(sub tema) pada buku panduan bimbingan dan konseling SMP
                                                        
IV.          TUJUAN/ARAH PENGEMBANGAN
A.      Pengembangan KES  :
Agar siswa memahami akan kebutuhannya tentang materi-materi BK yang akan diberikan.


B.       Penanganan KES-T :

Untuk mengurangi, menghindarkan/menghilangkan,  mencegah ketidak tahuan, kebingungan, dan ketidak pedulian akan kebutuhannya tentang materi-materi BK yang akan diberikan

V.          METODE DAN TEKNIK
A.      Jenis Layanan            :  -
B.       Kegiatan Pendukung            :  Aplikasi Instrumentasi (format Klasikal)

VI.          SARANA
A.    Media             : Menggunakan instrument angket kebutuhan materi BK kelas 7
B.     Perlengkapan            :

VII.          SASARAN PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN / PELAYANAN
Diperolehnya hal-hal baru oleh siswa terkait KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan unsur-unsur AKURS (Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).

A.        KES                   
1.    Acuan ( A )      : Apa yang dipikirkan peserta didik tentang materi BK yang dia butuhkan.
2.    Kompetensi ( K ) : Apa yang perlu peserta didik kuasai untuk memenuhi kebutuhan akan materi BK.
3.    Usaha ( U )     :  Bagaimana usaha peserta didik dalam memenuhi kebutuhan akan materi BK.
4.    Rasa ( R )        : Bagaimana perasaan peserta didik tentang materi BK yang ia butuhkan
5.    Sungguh-sungguh ( S ) : Bagaimana peserta didik bersungguh-sungguh dalam memenuhi materi BK yang ia butuhkan..

B.        KES-T                :
Apa yang harus dihindari agar materi BK yang ia butuhkan dapat terlaksana,bagaimana menggantikan hal-hal yang kurang baik yang selama ini ia lakukan.

C.       Ridho Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah  :
Memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk dapat menguasai apa yang ia ingin dan ia butuhkan tentang materi BK secara sukses.




VIII.          LANGKAH KEGIATAN
A.       LANGKAH PENGANTARAN
1.         Mengucapkan salam dan mengajak siswa berdoa.
2.         Mengecek kehadiran siswa, dan mengajak mereka berempati kepada siswa yang tidak hadir.

3.         Mengajak dan membimbing siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/ pelayanan dengan penuh perhatian, semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap, bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran/ pelayanan yang akan dibahas.

4.         Menyampaikan arah materi pokok pembelajaran, yaitu dengan judul “ Aplikasi Instrumentasi: Angket kebutuhan materi BK siswa kelas 7”

5.         Menyampaikan tujuan mengisi angket tersebut, yautu agar siswa mampu mengetahui materi BK apa saja yang mereka butuhkan.


B.       LANGKAH PENJAJAKAN
Menanyakan kepada siswa materi BK apa saja yang mereka butuhkan sambil menjelaskan maksud pengisian angketb tersebut.
                           
C.       LANGKAH PENAFSIRAN
1.    Siswa diberi kesempatan untuk bertanya mengenai maksud pengisian angket kebutuhan tersebut.

D.      LANGKAH PEMBINAAN
Langkah ini berisi kegiatan siswa merespon materi atau item-item yang terdapat dalam angket kebutuhan materi BK siswakelas 7 dengan menggunakan lembar responnya.
1.    Membagikan angket kebutuhan materi BK dan lembar jawaban angket kepada siswa
2.    Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengisi identitas diri masing-masing pada lembar respon
3.    Membacakan petunjuk cara merespon item-item dalam angket kebutuhan materi BK Siswa kelas 7 dengan menggunakan lembar jawaban angket.
4.    Memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas tentang cara mengerjakan angket kebutuhan materi BK tersebut.
5.    Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan/mengisi angket tersebut sampai selesai.
6.    Siswa yang telah selesai mengisi angket kebutuhan materi BK melalui lembar jawaban angket, dapat mengumpulkan angket beserta lembar jawaban angket kepada guru BK.

E.       LANGKAH PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.         Penilaian Hasil
Di akhir proses pembelajaran / pelayanan siswa diminta merefleksikan (secara lisan dan atau tertulis) apa yang mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur AKURS:

a.       Berfikir: Bagaimana peserta didik berfikir tentang materi Bk apa yang ia butuhkan   (Unsur A)

b.      Merasa: Bagaimana perasaan peserta didik tentang data yang telah mereka isikan berkenaan tentang materi BK yang mereka butuhkan (Unsur R).

c.       Bersikap/Bertindak:  Apa yang hendak peserta didik perbuat berkenaan dengan  materi BK yang mereka butuhkan.(Unsur K danU).

d.      Bertanggung Jawab: Bagaimana siswa bersungguh-sungguh dalam berusaha menguasai materi BK yang ia butuhkan (Unsur S).

2.         Penilaian Proses
Melalui pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran/pelayanan untuk memperoleh gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/pelayanan yang telah diselenggarakan.

3.         LAPELPROG dan Tindak Lanjut
Setelah kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai, disusunlah Laporan   Pelaksanaan Program Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan disertai arah tindak lanjutnya.

Guru BK / Konselor
      

IndahKusum Ningrm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar