P L

RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN / LAYANAN
BIMBINGAN
DAN KONSELING
FORMAT
KLASIKAL TERJADWAL
KEGIATAN
PENDUKUNG
(APLIKASI
INSTRUMENTASI)
I.
IDENTITAS
A.
Satuan
Pendidikan : SMP Negeri 31 Bandar Lampung
B.
Tahun
Ajaran :
2014 – 2015, Semester I
C.
Sasaran Pelayanan : Semua Siswa Kelas
VII
D.
Pelaksana : IndahKusuma Ningum
E.
Pihak
Terkait : Siswa
II.
WAKTU
DAN TEMPAT
A. Tanggal : -
B.
Jam
Pembelajaran/Pelayanan : Sesuai Jadwal
C.
Volume
Waktu (JP)
: Masing-masing kelas 1 (satu) JP (1 x 40 Menit)
D.
Spesifikasi
Tempat Belajar :
Ruang kelas masing-masing
III.
MATERI
PEMBELAJARAN
A.
Tema/Subtema : 1. Tema :
Aplikasi Instrumentasi
2.
Subtema :
Aplikasi Instrumentasi Angket Kebutuhan Peserta didik akan materi BK kelas 7.
B.
Sumber
Materi
: 1. Angket kebutuhan siswa yang dibuat berdasarkan tema-tema(sub tema) pada
buku panduan bimbingan dan konseling SMP
IV.
TUJUAN/ARAH
PENGEMBANGAN
A.
Pengembangan
KES :
Agar siswa
memahami akan kebutuhannya tentang materi-materi
BK yang akan diberikan.
B.
Penanganan KES-T :
Untuk mengurangi, menghindarkan/menghilangkan, mencegah
ketidak tahuan, kebingungan, dan ketidak pedulian akan kebutuhannya tentang
materi-materi BK yang akan diberikan
V.
METODE
DAN TEKNIK
A.
Jenis
Layanan : -
B.
Kegiatan
Pendukung :
Aplikasi Instrumentasi
(format Klasikal)
VI.
SARANA
A.
Media : Menggunakan
instrument angket kebutuhan materi BK kelas 7
B.
Perlengkapan :
VII.
SASARAN
PENILAIAN HASIL PEMBELAJARAN / PELAYANAN
Diperolehnya
hal-hal baru oleh siswa terkait KES (Kehidupan Efektif Sehari-hari) dengan
unsur-unsur AKURS (Acuan, Kompetensi, Usaha, Rasa, Sungguh-sungguh).
A.
KES
1. Acuan
( A ) :
Apa yang dipikirkan peserta didik tentang materi BK yang dia butuhkan.
2. Kompetensi
( K ) : Apa yang perlu peserta
didik kuasai untuk memenuhi kebutuhan akan materi BK.
3. Usaha
( U ) : Bagaimana usaha peserta didik dalam memenuhi
kebutuhan akan materi BK.
4. Rasa
( R ) : Bagaimana perasaan peserta didik tentang materi BK yang ia butuhkan
5. Sungguh-sungguh ( S ) : Bagaimana peserta
didik bersungguh-sungguh dalam memenuhi materi BK yang ia butuhkan..
B.
KES-T :
Apa
yang harus dihindari agar materi BK yang ia butuhkan dapat terlaksana,bagaimana
menggantikan hal-hal yang kurang baik yang selama ini ia lakukan.
C.
Ridho
Tuhan, Bersyukur, Ikhlas dan Tabah :
Memohon
ridho Tuhan Yang Maha Esa untuk dapat menguasai apa yang
ia ingin dan ia butuhkan tentang materi BK secara sukses.
VIII.
LANGKAH
KEGIATAN
A. LANGKAH
PENGANTARAN
1.
Mengucapkan salam dan
mengajak siswa berdoa.
2.
Mengecek kehadiran siswa, dan mengajak
mereka berempati kepada siswa yang tidak hadir.
3.
Mengajak dan
membimbing
siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran/ pelayanan dengan penuh perhatian,
semangat dan penampilan dengan melakukan kegiatan berpikir, merasa, bersikap,
bertindak dan bertanggung jawab (BMB3) berkenaan dengan materi pembelajaran/
pelayanan yang akan dibahas.
4.
Menyampaikan arah materi pokok
pembelajaran, yaitu dengan judul “ Aplikasi
Instrumentasi: Angket kebutuhan materi BK siswa kelas 7”
5.
Menyampaikan tujuan mengisi angket
tersebut, yautu agar siswa mampu mengetahui materi BK apa saja yang mereka
butuhkan.
B. LANGKAH
PENJAJAKAN
Menanyakan kepada siswa materi BK apa
saja yang mereka butuhkan sambil menjelaskan maksud pengisian angketb tersebut.
C. LANGKAH
PENAFSIRAN
1. Siswa
diberi kesempatan untuk bertanya mengenai maksud pengisian angket kebutuhan
tersebut.
D. LANGKAH
PEMBINAAN
Langkah ini berisi kegiatan siswa
merespon materi atau item-item yang terdapat dalam angket kebutuhan materi BK
siswakelas 7 dengan menggunakan lembar responnya.
1. Membagikan
angket kebutuhan materi BK dan lembar jawaban angket kepada siswa
2. Memberikan
kesempatan kepada siswa untuk mengisi identitas diri masing-masing pada lembar
respon
3. Membacakan
petunjuk cara merespon item-item dalam angket kebutuhan materi BK Siswa kelas 7
dengan menggunakan lembar jawaban angket.
4. Memberi
kesempatan kepada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum jelas tentang cara
mengerjakan angket kebutuhan materi BK tersebut.
5. Memberi
kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan/mengisi angket tersebut sampai
selesai.
6. Siswa
yang telah selesai mengisi angket kebutuhan materi BK melalui lembar jawaban
angket, dapat mengumpulkan angket beserta lembar jawaban angket kepada guru BK.
E. LANGKAH
PENILAIAN DAN TINDAK LANJUT
1.
Penilaian
Hasil
Di
akhir proses pembelajaran / pelayanan siswa diminta merefleksikan (secara lisan
dan atau tertulis) apa yang mereka peroleh dengan pola BMB3 dalam unsur-unsur
AKURS:
a.
Berfikir:
Bagaimana
peserta didik berfikir tentang materi Bk apa yang ia butuhkan (Unsur A)
b.
Merasa:
Bagaimana
perasaan peserta didik tentang data yang telah mereka isikan berkenaan tentang
materi BK yang mereka butuhkan (Unsur R).
c. Bersikap/Bertindak: Apa yang hendak peserta didik
perbuat berkenaan dengan materi BK yang
mereka butuhkan.(Unsur K danU).
d.
Bertanggung
Jawab:
Bagaimana siswa bersungguh-sungguh dalam berusaha menguasai materi BK yang ia butuhkan
(Unsur S).
2.
Penilaian
Proses
Melalui
pengamatan dilakukan penilaian proses pembelajaran/pelayanan untuk memperoleh
gambaran tentang aktivitas siswa dan efektifitas pembelajaran/pelayanan yang telah diselenggarakan.
3.
LAPELPROG
dan Tindak Lanjut
Setelah
kegiatan pembelajaran atau pelayanan selesai,
disusunlah Laporan Pelaksanaan Program
Layanan (LAPELPROG) yang memuat data penilaian hasil dan proses, dengan
disertai arah tindak lanjutnya.
Guru BK / Konselor
IndahKusum
Ningrm
Tidak ada komentar:
Posting Komentar